Jumat, 17 September 2010

karangan deskripsi

postingan ini sengaja saya buat untuk mengabadikan tugas yang pernah saya dapatkan selama duduk di bangku perkuliahan sekalian untuk mempublikasikannya kepada rekan2 sesama mahasiswa ataupun khalayak ramai (ciaaaa khalayak ramai..., -_- ) yang membutuhkan tambahan referensi mengenai karangan deskripsi. (semoga bermanfaat., amien). dan juga untuk mengamalkan apa yang saya dapat.

here we go . . . ,
karangan deskripsi adalah salah satu jenis karangan dari 5 jenis karangan yang saya ketahui (tapi sayangnya belum semua saya fahami) yaitu: narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi dan persuasi.setiap karangan mempunyai fungsi/tujuan yang berbeda-beda.

nah., untuk tujuan deskripsi itu sendiri adalah untuk menjelaskan atau menjabarkan atau menggambarkan suatu hal atau keadaan atau objek yang ingin kita bicarakan secara detail sehingga para pembaca bisa memahami dan membayangkannya seolah-olah mereka bisa melihat, mendengar, atau merasakannya.

ada beberapa karakteristik/ciri2 yang ada pada karangan deskripsi., diantaranya:
1. unsur perasaan/kesan. penyajian karangan deskripsi bisa menyentuh panca indra pembacanya. jadi para pembaca tidak hanya membacanya tapi juga bisa membayangkan, dan merasakan apa yang dibacanya.
2.unsur ruang.Penggambaran atau pelukisan berupa rincian yang tersusun berurutan,mungkin dari kanan ke kiri,dari depan ke belakang,dan sebagainya.
3. karakter deskripsi dalam menjabarkan manusia atau benda yaitu menguraikan objek secara rinci baik dari segi bentuk, ukuran, warna, dll agar tergambar dalam benak pembaca mengenai objek yang di jabarkannya

ada 3 pola penysunan kararangan deskripsi, yaitu:
1. Paragraf Deskripsi Spasial, paragraf ini menggambarkan objek kusus ruangan, benda atau tempat.
2. Paragraf Deskripsi Subjektif, paragraf ini menggambarkan objek seperti tafsiran atau kesan perasaan penulis.
3. Paragraf Deskripsi Objektif, paragraf ini menggambarkan objek dengan apa adanya atau sebenarnya.

Nah.., untuk penyusunan karangan desrkripsi., tidak jauh berbeda dengan peyusun karangan pada umumnya. yang pertama tentukan objek/tema yang akan di deskripsikan, setelah itu amati objek tersebut secara detail lalu susun data/materi (dari hasil pengamatan anda) agar menjadi susunan yang baik dan benar (kerangka karangan). setelah terbentuk kerangkan karangan uraikan kerangka tersebut agar terbentuk suatu karangan deskripsi yang sesuai dengan tema yang ditentukan. setelah itu, silahkan nikmati hasil karangan anda

Untuk rekan2 yang membutuhkan contoh2 karangan deskripsi dan butuh ringkasan materi yang lebih rinci serta refferensi sumbernya., sudah saya siapkan dalam bentuk ms. Word (karena kalau dipostingkan disini membutuhkan waktu yang lama dan hasil postingannya juga pasti ngadereded panjang kahandap) jadi untuk menghindari hal tersebut sudah saya siapkan dalam bentuk ms. Word, tinggal 'download disini' atau klik link ini:
http://www.ziddu.com/download/11713928/KUMPULANCONTOHKARANGANDESKRIPSI.docx.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar